Selamat Datang Di Periode Bulan Madu

Ya, trimester 2 ibarat periode bulan madu. Ada beragam kesenangan yang bisa Mama nikmati. Inilah bulan-bulan dimana kehamilan Mama sudah cukup kuat, namun belum terlalu besar. Kesehatan Mama juga mulai membaik, sehingga lebih leluasa untuk melakukan beragam aktivitas. Ini dia beberapa kesenangan yang sebaiknya tak mama lewatkan, selamat menikmati periode bulan madu ya Ma!

Baca juga : tes toefl Jakarta

Horeee… Bebas Morning Sickness!

Saat sel telur dibuahi dan tubuh Mama mulai memproduksi hormon kehamilan hCG (human Chorionic Gonadotropin) biasanya saat itulah fase mual muntah dimulai. Tak heran bila sebagian mamil mengalami morning sickness yang hebat di bulan-bulan pertama kehamilan. Berita baiknya, kejadian ini biasanya berangsur surut saat kandungan memasuki bulan keempat dimana tubuh Mama sudah mampu beradaptasi terhadap perubahan kehamilan, sehingga Mama jadi lebih leluasa untuk beraktivitas atau mengonsumsi makanan tertentu. Walau begitu, tak jarang pula mamil yang masih merasakan mual di trimester ini. Selain perubahan hormon, penyebab berlanjutnya mual muntah biasanya karena naiknya asam lambung yang disebabkan oleh pola makan kurang tepat atau perasaan stres.

Nah, agar mual muntah tak melulu mengganggu aktivitas Mama, berikut 3 hal yang bisa Mama lakukan: • Makan dalam porsi kecil namun sering. Pembesaran rahim menyebabkan terjadinya pe nekanan pada sistem pencernaan, sehingga kinerjanya menjadi melambat. Saat makanan yang masuk terlalu banyak dan pencernaan terbebani, kondisi inilah yang bisa memicu rasa mual. • Hindari makanan pemicu asam lambung, seperti: makanan berlemak tinggi, terlalu asam atau pedas, serta minuman berkafein.

• Sedia makanan ringan. Bisanya lambung akan kembali kosong setelah s Mam. $gar asam lambung tak terpicu naik dan menyebabkan mual, mengonsumsi camilan sehat, semisal sepotong buah atau dua keping biskuit, akan sangat membantu. • Istirahat cukup. Kelelahan atau kurang tidur bisa membuat mamil mudah terserang stres. Untuk mencukupi kebutuhan beristirahat, bila memungkinkan cobalah tidur siang selama 30 menit atau atur suasana kamar agar Mama bisa tidur nyenyak.

Sumber : pascal-edu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *