Mengapa Harus Menerapkan Strategi Pemasaran Dengan Cara Online?

Salah satu cara yang paling efektif dalam menerapkan strategi pemasaran adalah dengan cara online, kalian bisa memanfaatkan blog atau media sosial, yang tentunya memakai moda internet. Semua bentuk perusahaan,

dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar pun harus dapat memanfaatkan strategi online ini dengan sebaik-baiknya, karena seperti yang diketahui bahwa sebagian besar penduduk yang ada di Indonesia hampir separuh penduduknya sudah menjangkau internet.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Les Bahasa Jerman

Kalian bisa menjangkau para konsumen kalian yang ada di seluruh Indonesia atau bahkan yang ada di seluruh penjuru dunia, dengan menggunakan platform sosial media seperti halnya Facebook, Twitter, Instagram, Email, Whatsapp, dan platform lainnya. Dan dibawah ini adalah pentingnya menerapkan strategi pemasaran dengan cara online :

Menjangkau Seluruh Lapisan Penduduk di Indonesia

Menurut data dari salah satu penelitian menyatakan bahwa jumlah penduduk Indonesia yang menggunakan internet saat ini sudah semakin banyak dan meningkat di tiap tahunnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh pihak Google, menyatakan bahwa di tahun 2017 jumlah penduduk yang menggunakan internet sudah mencapai 56% atau kurang lebih sekitar 140 Juta orang.

Menurut penelitian Napoleoncat.com menyatakan bahwa dari 140 orang tersebut 128 orang lainnya aktif menggunakan Facebook, dan sisanya 60 Juta orang aktif menggunakan Instagram, nah maka dari itu kalian mungkin bisa menggunakan platform tersebut untuk melakukan promosi produk yang kalian produksi agar dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas.

Mudah

Beberapa orang yang belum terbiasa untuk melakukan strategi pemasaran mungkin hal tersebut akan dianggap asing, dan menyusahkan dalam urusan bisnis, namun sebenarnya hal tersebut tidak boleh disepelekan.

Karena dengan adanya strategi pemasaran sebenarnya lebih mudah dibandingkan tanpa menggunakan strategi sama sekali. Apabila kalian merasa kesusahan maka kalian bisa melihat banyak tutorial di banyak forum diskusi yang membahas mengenai strategi pemasaran online atau bahkan offline.

Target Pasar Lebih Mendetail

Apakah kalian ingin memiliki banyak konsumen yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia? Lokasi dimana saja yang ada di Indonesia dapat dengan mudah kalian jangkau. Yang kalian butuhkan hanya perluasan lokasi, para pebisnis dapat menjalankan jangkauan lokal.

Kalian juga bisa mengatur iklan yang akan tampil di perangkat komputer dan smartphone lainnya, kalian juga dibebaskan untuk memilih iklan apa saja yang akan ditampilkan. Selain itu juga kalian dapat dengan mudah untuk mengatur waktu munculnya iklan yang nantinya akan kalian tampilkan, apakah di waktu prime time, peak time, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tips Memilih Jasa Interior Berkualitas

Selanjutnya kalian juga bisa mengatur spesifikasi target audiens yang dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian, misalnya produk yang kalian ciptakan adalah salah satu laptop gaming maka kalian juga dapat mengatur iklan tersebut akan tampil pada target audiens laki-laki di usia tertentu.

Terstruktur

Salah satu kelebihan dari strategi pemasaran online adalah sangat terstruktur, saat kalian sedang mengiklankan produk kalian di Google Ads, Instagram Ads, dan lain sebagainya, kalian akan mendapatkan laporan setiap harinya mengenai performa iklan yang sudah kalian pasang di platform tersebut.

Laporan tersebut meliputi berapa orang yang sudah berhasil kalian jangkau, sejauh mana keefektifan iklan yang kalian tampilkan. Dengan begitu maka kalian akan dimudahkan apabila kalian ingin mengevaluasi perkembangan iklan yang sudah kalian iklankan, maka kalian dapat memperbaiki kekurangan dari iklan tersebut untuk strategi ke depan.

Menekan Budget

Dengan menggunakan strategi pemasaran online maka hal tersebut dapat menekan budget karena dengan menggunakan pemasaran online ini kalian tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan pemasaran secara konvensional atau pemasaran secara langsung yang akan memakan biaya sangat banyak.

Dengan menggunakan strategi pemasaran online ini kalian juga dapat berinvestasi jangka panjang yang nantinya dapat kalian gunakan untuk melakukan promosi di platform lainnya entah di dalam blog atau website kalian, biaya yang ditanggungkan oleh Google Ads dan Facebook Ads tersebut juga dapat kalian sesuaikan dengan kemampuan anggaran UKM yang kalian punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *