Keberhasilan Jadi “Obat” Kegagalan

Semakin mama merasa gagal, hampir dipastikan bahwa tekanan yang dirasakan juga besar. Lebih baik, enjoy saja Ma! Apakah Mama juga pu- nya cerita tersendiri akan pe rasaan gagal sebagai seorang ibu? Kabar baiknya Ma, pe rasaan pernah gagal mengasuh si kecil, ternyata dialami oleh ibu mana pun.

“ tempat terbaik kursus bahasa Jerman di Jakarta dengan biaya murah “ sat-jakarta.com

Namun menurut psikolog Viera Adella, MPsi, harap diwaspadai, ketika rasa gagal itu menjadi terlalu dalam dan semakin dihayati hampir dipastikan tekanan yang dirasakan Mama juga semakin besar. Penyebab rasa gagal yang berlebihan, lanjut psikolog yang akrab disapa Della ini, bisa dilihat dari dua faktor. Pertama, bisa karena jauh di dalam dirinya (internal), Mama punya kadar kecemas an yang tinggi (tipe pribadi pencemas, pemasang target tinggi, atau perfeksionis).

Kedua, karena faktor di luar diri Mama (eksternal). Misal, adanya tuntutan ideal dan terlalu tinggi dari pihak-pihak sekitar (orangtua, mertua, lingkungan tempat tinggal), dan sebagainya. Untuk mengatasi kecemasan yang berasal dari faktor dari dalam diri, saran Della, sebaiknya Mama mengikuti program manajemen stres dengan didampingi oleh profesional ataupun bidang-bidang khusus penye lenggara program relaksasi seperti, yoga center, spa, dan sebagainya.

Jika stres disebabkan oleh faktor eksternal, Mama bisa melakukan diskusi dengan pihak-pihak terkait demi mendapatkan pertolongan/bimbingan. Carilah figur yang enak diajak berdiskusi, dan janganlah malu membuka semua kesulitan yang ada. Jadikan hari-hari Mama bersemangat untuk menguji coba atau menerapkan saran-saran praktis mereka, kemudian ukur dan laporkan perkembangannya.

“Menyenangkan ketika bisa mendapatkan pujian dari orang-orang tersebut karena mereka yang semula ‘meragukan’ kemampuan kita, pada akhirnya mengakui keberhasilan kita meski prosesnya bertahap. Satu hal yang tidak boleh ditinggalkan, tetaplah berdoa dan mohon petunjuk Tuhan karena anak merupakan ‘titipan Tuhan’ sehingga yakinlah bahwa jika kita berikhtiar dan tawakal, maka akan dibukakan jalan.”

Gagal & Sukses

Tak melulu menasihati atau memberikan konsultasi kepada orang lain saja, se bagai ibu, Della pun sempat mengalami seribu kesuksesan dan seribu kegagalan. Della bercerita, di masa-masa awalnya menjadi ibu, ia juga menemui berbagai kendala dan tantangan Ya, samalah seperti halnya dengan mamamama lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *