Ketahui Ini 8 Fakta Jerman di Berbagai Hal

Ketahui Ini 8 Fakta Jerman di Berbagai Hal

Selain timnas sepak bolanya yang sangat disegani, masih ada banyak sekali fakta mengenai Negara Jerman.

Ternyata budaya pohon natal berasal dari Jerman dan hingga kini masih ada masyarakat Yahudi di sana.  seperti dikutip dari website Eduversity.

  1. Memiliki Banyak Nama Negara

Bagi masyarakat Jerman sendiri, nama negaranya adalah Deutschland. Sementara nama “Jerman” adalah penyebutan masyarakat melayu yang mengadopsi penyebutan oleh bangsa Inggris, yaitu “Germany”.

Berbeda lagi bagi masyarakat Arab, Spanyol, Prancis, Swiss, dan Australia yang menyebut negara ini dengan nama “Alemania” dan bangsa yang berasal dari daerah Skandinavia menyebutnya “Tyskland”.

Sementara itu, bangsa Finlandia menyebutnya “Saksa”, bangsa Italia menyebutnya “Tedesco”, dan bangsa Polandia memberikan nama “Niemcy.

  1. Negara Populasi Terpadat di Eropa

Luas wilayah Negara Jerman(yang termasuk 13 negara bagian dan 3 kota setara negara bagian) diperkirakan tidak lebih dari tiga kali lipat Pulau Jawa, namun penduduknya mencapai 82 juta. Angka tersebut cukup besar jika dibandingkan negara lain di Eropa.

Yang menyumbang kepadatan tersebut justru adalah warga imigran dari berbagai negara. Oleh sebab itu, Jerman menjadi negara ketiga terbanyak yang menerima imigran dari berbagai daerah.

  1. Masih Ada Orang Yahudi di Jerman

Salah satu peristiwa yang paling terkenal dari Jerman adalah tragedi holocaust atau pembantaian umat Yahudi ketika masa pemerintahan Nazi. Namun, ternyata hingga sekarang masih ada sekitar 100 ribu orang yang merupakan darah Yahudi.

Konon, ada cukup banyak warga Yahudi yang diberikan identitas sebagai muslim dan bersembunyi di masjid-masjid di Jerman ketika masa pembantaian berlangsung. Hingga kini masih ada sekitar 4 juta orang di Jerman yang menganut agama Islam.

Pada dasarnya, mayoritas warga Jerman menganut agama Katolik dan Kristen Protestan. Wilayah utara Jerman merupakan basis para penganut kristen protestan sementara wilayah selatan dihuni oleh mereka yang menganut Katolik.

Mayoritasnya agama Katolik dan Kristen Protestan tersebut membuat masyarakat Jerman menciptakan kebudayaan agama yang bertahan hingga kini, yaitu tradisi pohon natal setiap tanggal 25 Desember.

  1. Pendidikan Gratis Hingga Bachelor

Jerman adalah salah satu negara yang banyak dituju oleh mahasiswa internasional karena memiliki kebijakan pembebasan biaya pendidikan hingga jenjang sarjana strata 1. Ada 15 dari 16 negara bagian yang menggratiskan biaya kuliah, termasuk bagi mahasiswa lain negara.

Biaya hidup di Jerman juga akan menjadi lebih murah bagi seseorang yang memiliki identitas sebagai pelajar. Hal ini yang justru membuat tren telat lulus di sana cukup tinggi.

  1. Negara yang Mencetak Buku Terbanyak

Jika dulu Jerman dikenal sebagai negara yang menghasilkan para filsuf dan sastrawan, kini Jerman menjadi negara yang paling banyak mencetak buku tiap tahunnya terhitung dari judul. Ada lebih dari 94 ribu judul buku yang terbit setiap tahunnya.

  1. Memiliki 16 Negara Bagian dan 35 Dialek Bahasa

Jerman adalah negara yang di dalamnya terdapat negara bagian dan kota yang setara dengan negara bagian. Oleh karena itu, di tiap-tiap kota terdapat kebijakan lokal yang berbeda dengan wilayah lain dalam lingkup Jerman.

Pada banyak negara bagian tersebut terdapat setidaknya 35 dialek bahasa Jerman yang digunakan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, variasi bunyi bahasa biasa saja kita temukan saat kita belajar bahasa Jerman.

  1. Menganggap Bir adalah Makanan Pokok

Jerman adalah negara yang dikenal menghasilkan banyak sekali jenis bir. Hingga kini terhitung ada 1500 jenis bir yang dihasilkan oleh masyarakat di beberapa daerah di Jerman. bahkan, di Bavaria, bir menjadi lazim dikonsumsi ketika sarapan dan memiliki perayaan Octofest yang membagikan bir gratis.

Selain bir yang hanya dikonsumsi oleh beberapa kalangan saja, ada juga minuman khas Jerman yang kini dikonsumsi oleh lebih dari 130 juta orang di seluruh dunia, yaitu Fanta. Fanta adalah minuman yang dulu dibuat untuk meniru coca cola, namun justru menjadi jenis yang berbeda.

  1. Kegemaran Masyarakat Naik Sepeda

Konon, sepeda di Jerman memiliki gengsi selayaknya mobil bagi masyarakat Indonesia. Pada hari Minggu, masyarakat Jerman akan menenangkan diri dengan bersepeda di sekitar rumah atau taman. Selain itu, sepeda juga menjadi alat transportasi pilihan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *