Mengenal Ciri Ciri dan KandunganTanaman Krokot

Nama krokot mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, padahal tanaman ini dapat kita temukan di banyak tempat, karena memang termasuk jenis tanaman yang bisa tumbuh dimana saja.

Krokot tidak hanya tumbuh di sawah yang subur, tapi juga bisa tumbuh di tanah yang tandus, pekarangan, ladang, bahkan di trotoar pinggir jalan.

Sekilas, mungkin krokot dianggap sebagai tanaman biasa saja, bahkan sering dianggap sebagai gulma (tanaman pengganggu) bagi tanaman lainnya.

Padahal tanaman ini ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia dan bisa diolah sebagai masakan.

Ciri-Ciri Tanaman Krokot

Tanaman ini memiliki ciri-ciri bunganya berwarna kuning kecil-kecil, bentuk daun tebal berdaging dan datar, serta batang berwarna coklat, tebal dan berair.

Kandungan Nutrisi Dalam Tanaman Krokot

Krokot masuk kategori tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan karena kandungan dalam daun ini ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan dalam daun krokot diantaranya fosfat, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, mangan, sodium, dan masih banyak lagi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa krokot memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh, membantu perkembangan otak, dan penghasil energi. Bahkan kandungan asam lemak omega 3 pada tanaman krokot lebih besar dibanding beberapa minyak ikan sehingga cocok untuk mencukupi kebutuhan asam lemak omega 3 para vegetarian tanpa harus menyantap daging ikan.

Manfaat Daun Krokot UntukĀ 

Bagi penggemar burung kenari, krokot dicari untuk dijadikan makanan tambahan bagi burung. Daun krokot dipercaya membuat kicauan burung kenari menjadi lebih merdu dan lebih panjang suaranya.

Tanaman ini telah dikenal di seluruh dunia sebagai tanaman yang memiliki manfaat kesehatan.

Bahkan oleh WHO, krokot dimasukkan sebagai tanaman obat yang diprioritaskan di dunia. Artinya kalau di suatu daerah yang jauh dari rumah sakit, terutama dialami di daerah Afrika atau pedalaman Asia, tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai pengobatan awal bahkan sampai menyembuhkan.

Apalagi tanaman ini memang dapat tumbuh di mana saja dan dapat ditemukan dengan mudah di hampir seluruh penjuru dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.